Juknis PAUD Pemberian Makanan Sehat 2019

Download pdf file Juknis PAUD Pemberian Makanan Sehat 2019
Informasi yang akan Admin bagikan pada kesempatan artikel ini mengenai Juknis Pemberian makanan sehat bersumber dari Peraturan direktur jenderal Pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat Kementerian pendidikan dan kebudayaan Nomor 27 tahun 2019 Tentang Petunjuk teknis bantuan pemberian makanan sehat Tahun 2019. bagi Bapak dan Ibu yang merupakan Guru pada jenjang PAUD dan saat ini sedang mencari informasi tersebut Anda dapat menyimak dan download file selengkapnya pada link dibawah ini.

Juknis ini hadir dengan menimbang bahwa untuk melaksanakan ketentuan pasal 13 Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Penyaluran Bantuan Pemerintah di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, perlu menetapkan Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemberian Makanan Sehat Tahun 2019;

Petunjuk Teknis Bantuan Pemberian Makanan Sehat Tahun 2019 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ini.

Pengertian Program Pemberian Makanan Sehat

Program pemberian makanan sehat merupakan intervensi untuk pembiasaan makanan sehat, gizi seimbang, dan hidup sehat terhadap anak usia dini sebagai bagian dari upaya mendorong penerapan layanan holistik integratif di satuan PAUD atau satuan Pendidikan Nonformal yang menyelenggarakan PAUD. Gizi seimbang ialah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anak. Gizi seimbang memperhatikan prinsip keaneka ragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi. Gizi seimbang mencegah kekurangan dan kelebihan berat badan anak. Kecukupan gizi menunjang pertumbuhan, perkembangan, keaktifan anak, serta mendukung tumbuhnya kepercayaan diri anak.

Makanan sebagai sumber energi untuk pertumbuhannya sangat penting untuk menunjang aktifitas anak. Tubuh yang sehat akan membuat perkembangan fisik dan otak anak bekerja optimal. Bila anak sulit makan dan asupan makanan tidak mencukupi kebutuhan tubuhnya, ia akan mudah sakit. Asupan makanan yang tepat sangat berguna untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit. Potensi anak dapat berkembang optimal jika mendapatkan perawatan kesahatan melalui pemenuhan gizi seimbang sehingga kesehatannya dapat terjaga.

Tujuan Program Pemberian Makanan Sehat
a. Meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak peserta didik di satuan PAUD atau satuan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program PAUD;
b. Menjaga peserta didik agar tetap dalam kondisi gizi seimbang;
c. Membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat dan berperilaku sesuai tata aturan dan norma saat makan;
d. Meningkatkan pelibatan orangtua dan masyarakat dalam penyiapan makanan sehat bagi anak usia dini.

Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan mengenai isi dari juknis tersebut untuk jenjang PAUD, lebih lengkap dan jelas mengenai petunjuk teknis tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini dalam bentuk file PDF.
Juknis Pemberian Makanan Sehat 2019 DOWNLOAD

Demikian yang dapat Admin bagikan perihal informasi untuk jenjang PAUD, semoga informasi yang tersaji memberikan manfaat dalam kegiatan yang akan Bapak dan Ibu laksanakan.

Klik Share/ Bagikan sebelum Download

0 Response to "Juknis PAUD Pemberian Makanan Sehat 2019"