KI dan KD Kelas III Kurikulum 2013 Revisi 2018
Salah satu file yang harus Bapak dan Ibu Guru Kelas 3 miliki yaitu
perangkat pembelajaran KI dan KD. File tersebut sangatlah penting dalam
kegiatan belajar mengajar Kurikulum 2013. Membantu Bapak dan Ibu dalam
memiliki file kompetensi inti dan dasar tersebut, maka pada kesempatan
artikel ini Admin akan membagikan link download untuk file revisi 2018
untuk SD dan MI pada semester 1 ganjil dan 2 genap.
Demikian
yang dapat Admin sampaikan, semoga file KI dan KD ini memberikan mafaat
dalam kegiatan pembelajaran K13 di jenjang SD dan MI.
Pengertian KI dan KD
Kompetensi
Inti atau KI merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam
bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan
pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan
tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam
aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan
psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang
sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan
kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills
Kompetensi
dasar atau KD adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta
didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator
kompetensi dalam suatu pelajaran. Kompetensi Dasar (KD), merupakan
penjabaran SK peserta didik yang cakupan materinya lebih sempit
dibanding dengan SK peserta didik. Kurikulum 2013: Istilah SK-KD ini
akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Fungsi KI dan KD di Kelas 3
Kompetensi
Inti (KI) berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element)
kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti
merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal
Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah
keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang
pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar
yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang
dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten
Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar
dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas
yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4)
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4)
Kompetensi
Dasar (KD) merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah
konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai
peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan
karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata
pelajaran
Sedangkan Kompetensi Inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu.
Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.
Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar berikut.
Kompetensi Inti (KI – 3 dan KI – 4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
Kompetensi Dasar dari KI – 3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan Kompetensi Dasar dari KI – 4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik.
Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI – 2 dan KI – 1.
Rangkaian dari KI – KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus, kecuali untuk tujuan pembelajaran, tidak diwajibkan dicantumkan baik dalam RPP maupun dalam Silabus.
Manfaat serta Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Silabus dalam Kurikulum 2013
Standar Kompetensi Lulusan merupakan muara utama pencapaian yang dituju dari semua mata pelajaran pada jenjang pendidikan tertentu.Sedangkan Kompetensi Inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu.
Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.
Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar berikut.
Kompetensi Inti (KI – 3 dan KI – 4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
Kompetensi Dasar dari KI – 3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan Kompetensi Dasar dari KI – 4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman belajar yang perlu dilakukan peserta didik.
Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI – 2 dan KI – 1.
Rangkaian dari KI – KD sampai dengan penilaian tertuang dalam silabus, kecuali untuk tujuan pembelajaran, tidak diwajibkan dicantumkan baik dalam RPP maupun dalam Silabus.
Link Download file KI dan KD Kelas III
Selengkapnya
mengenai file Kompetensi Inti dan dasar untuk kegiatan pembelajaran di
Kelas III dalam K13 dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini untuk
setiap mata pelajaran.
KI-KD Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD MTK Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD PJOK Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD PPKn Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD SBDP Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD Bahasa Indonesia Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD MTK Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD PJOK Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD PPKn Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
KI-KD SBDP Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018 DOWNLOAD
0 Response to "KI dan KD Kelas III Kurikulum 2013 Revisi 2018"